8 April 2018

Indahnya Melihat Sunrise dan Sunset dari Puncak Gunung

Datangi dan Nikmati, Pemandangan Dari Atas Gunung yang Kekal Terkenang

Gunung bisa dibilang merupakan salah satu destinasi yang menjadi ‘gudangnya’ pemandangan indah.

Di balik segala perjuangan mulai dari mempersiapkan peralatan hingga mencapai puncak, semuanya akan terbayar bila kita berhasil menikmati pemandangan sunrise dan sunset indah dan segala pemandangan indah lainnya di gunung manapun.

Ada kalanya aku jera dan memutuskan untuk menolak ajakan mendaki, utamanya karena fisik, namun pemandangan sunrise dan sunset indah di gunung selalu membuatku rindu untuk packing dan kembali memanggul carrier.

Semuanya akan terbayar”, pikirku, dan memang kepuasan itulah yang membuatku selalu ketagihan untuk naik gunung.

Berikut ini adalah foto - foto indahnya melihat sunrise maupun sunset dari puncak gunung :

sunrise dari puncak Sindoro

Menurutku, pemandangan sunrise di Gunung Sindoro merupakan salah satu pemandangan sunrise terindah di gunung dan salah satu sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Dan yang paling menarik adalah, saat mendaki Gunung Sindoro untuk menikmati sunrise, setiap pendaki tidak perlu memaksakan diri mendaki hingga puncak karena sudah ada banyak sekali spot untuk menikmatinya.

Salah satunya adalah Sunrise Camp (Pos 3,5 dengan ketinggian 2423 mdpl), yang seperti namanya dijadikan area untuk mendirikan tenda khusus untuk menikmati sunrise ala Gunung Sindoro yang menakjubkan.

Selain itu, perjalanan menuju puncak Gunung Sindoro kala summit attack saat subuh, bila memang tidak sempat mencapai puncak sebelum matahari pagi menampakkan diri, pendaki bisa menikmatinya di tengah perjalanan.

Pemandangan sunrise di gunung ini tetap menakjubkan untuk dilihat di tengah-tengah pendakian sebab alam Gunung Sindoro cukup terbuka dan minim pepohonan di sekitar jalur pendakian (via Kledung)

pemandangan sunset dari mt.Merbabu

Pendakian ke Gunung Merbabu yang membuatku ketagihan mendaki gunung secara permanen. Semua yang ditawarkannya begitu indah dan tentu saja Instagrammable.

sunrise puncak mt.Merbabu

Alam yang ada di Gunung Merbabu benar-benar bagus dan terawat, dan pemandangan sunset yang ditawarkan Gunung Merbabu tentu saja harus dinikmati selagi bisa.

sunrise dari Sikunir , Dieng

Sikunir memang bukan gunung dan lebih tepat bila dikatakan sebuah bukit. Tapi jangan anggap remeh, pemandangan sunrise yang ditawarkan Bukit Sikunir benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dieng memang gudangnya ‘The Golden Sunrise”, terutama bila dinikmati di Gunung Prau, tapi sempatkan diri juga untuk menikmati “The Golden Sunrise” di Sikunir. Pengalamannya pasti berbeda.

sunrise dari puncak mt.Slamet

Sunrise di Gunung Slamet, Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memang cukup sulit untuk ditapaki, terutama di jalur pendakian sebelum mencapai puncaknya.

Tetapi, warna cahaya sunrise akan terekam dalam memori dalam waktu yang lama, mungkin selamanya. Jangan pernah melewatkan pemandangan sunrise di Gunung Slamet bila berkesempatan mendakinya.

pemandangan indah sunrise mt.Sumbing

Indahnya Pemandangan Sunset di Gunung Sumbing, Bila sudah membicarakan Gunung Sindoro dan Gunung Slamet, akan terasa kurang bila tak membicarakan Gunung Sumbing.

Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini juga tak mau kalah dalam menyajikan pemandangan sunset yang, bisa dibilang, romantis bila dinikmati bersama pasangan.

Pemandangan Sunrise di Gunung Semeru

Puncak Mahameru merupakan tujuan mereka yang memberanikan diri untuk menaklukkan Gunung Semeru.

samping puncak mahameru

Keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi, dan popularitasnya sebagai destinasi pendakian belum pernah pudar.

Gunung Semeru juga menawarkan pemandangan sunrise yang sungguh indah dan tentu saja tak akan bisa kita lupakan begitu saja bila berhasil menikmatinya.


Foto Keindahan Sunrise dari berbagai spot lokasi

Keindahan Kawasan Bromo
padang edelweis tegal alun Gunung Papandayan
sunrise dari puncak gunung Batur
sunrise dari puncak gunung Arjuno

Dari segala perjuangan kala mendaki gunung, percayalah bahwa semuanya akan terbayar lunas bila melihat pemandangan sunrise maupun sunset yang indah dari puncak gunung .