28 Maret 2018

Destinasi Wisata Semarang dan Sekitarnya

Inilah daftar rekomendasi tempat wisata baru di Semarang yang paling bagus dan terkenal dikalangan wisatawan. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Kota Lumpia ini menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan.
Semarang dan sekitarnya memiliki objek wisata yang menarik, baru, dan lengkap dari mulai wisata alam, kuliner, budaya, pantai, serta wahana permainan anak dan keluarga pun ada disini. Ditambah lagi dengan kelengkapan akomodasi seperti hotel, restoran, dan sarana transportasi yang cukup memadai, membuat Semarang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit di daerah Jawa Tengah.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke kota Semarang, jangan lupa untuk membaca referensi dan rekomendasi tujuan perjalanan wisata anda. Beberapa tempat rekreasi yang ada dalam daftar ini, lokasi dan alamatnya meliputi kawasan kota Semarang dan sekitarnya seperti kabupaten Semarang dan Ungaran.
Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih leluasa mimilih tempat wisata yang Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada juga beberapa tempat romantis yang cocok bagi pasangan anda. Asik dan seru deh pokoknya. Yuk, simak daftar aneka wisata di Semarang terupdate dan terbaru berikut.

Daftar Tempat Wisata Di Semarang Yang Paling Bagus Dan Terkenal


1. Old City 3D Trick Art Museum


Ini dia tempat wisata baru di kawasan Kota Lama Semarang yang paling terkenal, namanya Old City 3D Trick Art Museum. Lokasi dan alamat Museum Seni 3D ini berada di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya sekitar 50 meter ke arah Barat dari Gereja Blenduk.
Berwisata ke Kota Lama, Semarang kini tidak hanya melihat-lihat gedung tua bersejarah saja. Anda juga bisa menikmati koleksi ilusi mata sambil selfie alias narsis di Museum 3 Dimensi.
Museum ini menyuguhkan berbagai gambar yang jika difoto akan terlihat seolah sungguhan. Anda bisa berfoto seolah-olah berada di atas jembatan dengan dasar air terjun, atau seperti diserang tarantula raksasa, bahkan ada foto yang memberikan ilusi pengunjung bertemu degan Justin Bieber dan Cristiano Ronaldo.
Sepintas, tempat ini mirip dengan museum unik di Jakarta yang bernama Alive Museum Ancol. Beberapa tema background foto yang ada disini yaitu kartun, ikon dunia, artis, dan petualangan. Jika kebingungan mencari sudut pandang foto yang bagus, ada staf museum yang siap membantu Anda.
Untuk harga tiket masuknya dibanderol sekitar 40 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Oya, museum 3 D ini dalam setahun berganti background sebanyak 4 kali lho, jadi Anda tak akan bosen kalau berkunjung kesini. Ada juga wahana Omah Kwalik (baca : Rumah Terbalik) seperti di Upside Down World.
2. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm (Foto : ig@musawa)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata romantis di Semarang yang instagramable, bisa mencoba berkunjung ke Setiya Aji Flower Farm. Kebun Bunga yang sedang hits ini berlokasi di Jl. Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.
Di tempat ini, Anda akan disuguhi puluhan hingga ratusan bunga krisan berwarna-warni yang cantik dan indah. Pas banget buat foto-foto bersama pasangan (baca : istri) atau pun teman.
Untuk mendapatkan latar bunga yang bagus buat foto, sebaiknya Anda datang dipagi hari saat cuaca cerah. Cahaya matahari pagi akan semakin membuat keren foto Anda. Gunakan pula warna baju yang kontras dengan warna bunga agar hasil jepretan kamera Anda menjadi instagenic.
Harga tiket masuk ke Meet Point Setiya Aji Flower Farm cukup murah meriah, sekitar Rp. 7.500,- per orang. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Jika Anda ingin membawa pulang bunga krisan, bisa membelinya dengan harga sekitar Rp. 5.000,- per batangnya.
3. Puri Maerokoco

Puri-Maerokoco
Mangrove Puri Maerokoco (Foto : IG @langkahberdebu)

Inilah taman mininya Jawa Tengah, namanya Puri Maerokoco yang terletak di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda. Tempat wisata ini menyajikan Jawa Tengah dalam versi kecil (baca : mini).
Anda dapat menikmati aneka rumah Adat atau anjungan dari 35 Kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah adat tersebut sudah dilengkapi dengan hasil-hasil industri serta kerajinan-kerajinan yang di produksi oleh masing-masing daerah.
Tak hanya itu, Taman Wisata Puri Maerokoco juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Ada juga taman bunga, apotek hidup, taman kaktus serta burung-burung dan masih banyak lagi.
Satu lagi yang lagi ngehits di Puri Maerokoco, yaitu wisata mangrove. Harga tiket wisata mangrove ini cukup murah meriah, Anda hanya membayar paket wisata Rp 15 ribu rupiah (sudah termasuk tiket masuk, wisata mangrove dengan perahu dan juga outbond).
4. Bantir Hills

Tempat Wisata Di Semarang Terbaru
Tempat Wisata Di Semarang Terbaru Bantir Hills (Foto : IG @alfian.sulis)

Tempat wisata alam di Semarang terbaru ini sepertinya terinspirasi dengan maraknya spot foto berlatar perbukitan yang sedang trending dikalangan traveler muda. Disini, Anda akan menemukan tempat hunting foto yang keren berlatar alam perbukitan dan pepohonan hijau.
Bila dilihat secara sekilas, Bantir Hills mirip dengan tempat wisata baru di Kulonprogo Yogyakarta yang bernama Desa Wisata Kalibiru. Anda akan menemukan rumah pohon untuk berfoto, meskipun belum sebagus rumah pohon Kalibiru. Maklum, objek wisata ini masih dalam tahap pembangunan.
Rencananya kawasan wisata ini akan dilengkapi beberapa fasilitas menarik, seperti; gardu pandang, rumah pohon, jembatan pohon, spot sunset, taman, gembok cinta, gazebo dan camping ground. Lokasi dan alamat Bantir Hills terletak di Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.
5. Wisata Lereng Kelir

Wisata-Lereng-Kelir
Wisata Lereng Kelir (Foto : IG @setyo.rvm)

Satu lagi tempat wisata baru di Semarang dengan view yang bagus buat hunting foto, yaitu Wisata Lereng Kelir. Berada di Desa Brangkol Kecamatan Jambu, Ambarawa, Semarang, Lereng Kelir atau Gunung Kelir ini menyajikan panorama alam yang sangat eksotis.
Disini ada gardu pandang yang lagi happening digunakan untuk berfoto para traveler. Dari atas gardu ini Anda akan dapat menyaksikan keindahan alam nan hijau sejauh mata memandang. Mirip dengan suasana Tebing Keraton di Bandung.
Selain berfoto di gardu pandang, Anda juga bisa menikmati suasana sunrise dan kerlap-kerlip lampu di malam hari. Para traveler yang datang biasanya tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja, namun beberapa di antara mereka juga ada yang melakukan camping.
Bagi Anda yang akan berkemah di Puncak Lereng Kelir, Anda harus membawa semua perbekalan yang cukup sebelum naik ke puncak. Harga tiket masuk Wisata Lereng Kelir dibanderol dengan harga 5 ribu rupiah saat weekdays, dan 7 ribu rupiah saat weekend.
6. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (Foto : iryantorompo.wordpress.com)

Ini dia tempat wisata religi di Semarang yang paling bagus dan terkenal yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasi dan alamat Masjid Agung Jawa Tengah ada di Jl Gajah Raya, Gayamsari. Masjid ini menjadi salah satu tujuan utama wisata religi di Semarang untuk muslim.
Masjid Agung Jawa Tengah tampak begitu megah, serta dilengkapi dengan payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Payung ini bisa membuka dan menutup secara otomatis, tergantung kebutuhan. Setelah beribadah, Anda bisa bersantai sejenak sambil mengagumi arsitektur masjid.
Cobalah menuju ke Menara Asmaul Husna. Menara tersebut dibangun di area masjid dengan tinggi 99 meter. Pengunjung boleh naik ke atas menara dan menyaksikan indahnya pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.
7. Wisata Eling Bening

Tempat Wisata Baru Di Semarang
Tempat Wisata Baru Di Semarang (Foto : IG @triwidiyaningsi)

Inilah tempat wisata baru di Semarang yang lagi hits banget di kalangan wisatawan, namanya Wisata Eling Bening. Lokasi dan alamat objek wisata Eling Bening terletak di puncak perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa (JLA), tepatnya Jl. Sarjono, Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Wisata Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Disini Anda akan dapat melihat hamparan rawa pening yang luas serta deretan pegunungan yang sungguh cantik menawan. Udaranya yang sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama disini.
Fasilitas yang tersedia disini relatif lengkap mulai dari restoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound hingga camping ground. Selain berfoto dan menikmati panorama alam yang menakjubkan, ada berbagai aktifitas lain yang dapat Anda lakukan disini. Kalau dilihat sekilas seh mirip Selecta, salah satu ikon wisata Malang.
Anda bisa berenang di kolam outdoor sambil menikmati keindahan alam disekitarnya. Terdapat juga archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows hingga flying fox. Tak usah khawatir akan parkir, tempat parkirnya luas dan akses jalannya lebar.


Wisata Eling Bening
Wisata Eling Bening (Foto : IG @naratamasurya)

Jika Anda adalah pasangan yang akan segera menikah, disini juga menyediakan tempat untuk Pre Wedding yang akan menambah kecantikan foto. Untuk harga tiket masuk kawasan wisata Eling Bening dibanderol dengan harga Rp.15.000 per orang dan tiket tersebut bisa ditukar minuman.
Tertarik untuk kesini? Jika iya, Anda sebaiknya datang saat bukan hari libur untuk menghindari keramaian agar bisa menikmati Eling Bening dengan nyaman. Rute yang dapat Anda tempuh yaitu dari pertigaan terminal Bawen ambil lurus ke arah Ambarawa. Setelah lampu merah traffic light, tak jauh dari sana, ada Jalan Kartini di sebelah kiri jalan.Sampai ke Jalan Kartini, di sebelah kiri jalan tidak terlalu jauh, lokasi Eling Bening berada di sana. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat google maps dan jangan malu bertanya ke warga sekitar. Asyik dan seru lho tempatnya.
8. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kanyon
Hutan Pinus Kayon (Foto : IG @akbarbinrasyid)

Hutan Pinus Kayon adalah tempat wisata di Semarang terbaru yang paling instagramable. Wisata hutan pinus memang akhir-akhir ini sedang viral kalangan netizen dan sosial media (read : sosmed). Sebut saja Hutan Pinus Mangunan Jogja dan Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor.
Hutan Pinus Kayon yang terletak di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini pun tak kalah bagus bila dibandingkan dengan hutan pinus di kota lain.
Hutan pinus yang berada di sisi utara Gunung Merbabu ini memang keren untuk dijadikan tempat hunting foto. Sobat traveler bisa mencari berbagai spot yang menarik dan mengambil angle yang fotogenik. Disini, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang menyegarkan.
Untuk rute menuju lokasi Hutan Pinus Kayon, apabila dari arah Salatiga, Anda bisa menuju ke Desa Jampelan Getasan. Sesampainya di pertigaan Desa Jampelan Getasan (atau di depan Koramil), belok kiri di jalur alternatif ke Sruwen atau Tengaran.
Kurang lebih sekitar 6 km, sampai di perempatan Wonosari, Anda beloklah ke kanan ke arah Desa Krangkeng yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk sampai kesana. Oya, hutan pinus ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.
Bagaimana dengan harga tiket masuknya? Untuk harga tiket masuk ke kawasan Hutan Pinus Kayon kami belum mendapatkan informasinya. Sepertinya seh masih gratis, bagi sobat traveler yang sudah pernah kesini bisa memberi info tentang biaya masuknya melalui kolom komentar.
9. Bukit VW

Bukit VW
Bukit VW (Foto : instagram.com/fafa_cihuy)

Saat ini penggunaan sosial media turut serta membantu mempopulerkan aneka objek wisata di berbagai daerah, tak kecuali kota Semarang. Nah, salah satu tempat wisata baru di Semarang yang lagi hits di instagram adalah Bukit VW.
Disebut Bukit VW karena tempat ini dipenuhi dengan puluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit. Daya tarik bukit ini adalah pemandangan yang keren dan bagus dengan latar aneka mobil bekas tersebut. Karena itulah banyak pengunjung yang mengambil foto atau sekedar menikmati keindahan di lokasi.
Bagi para pecinta fotografi, Bukit VW nampaknya menjadi tempat hunting foto di Semarang yang wajib dikunjungi. Tak jarang ada pengunjung yang memang ingin berfoto untuk foto prewedding. Saat bulan puasa tiba, Bukit VW biasanya menjadi tempat ngabuburit di Semarang bagi kawula muda.
Lokasi dan alamat Bukit VW berada di Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang. Untuk saat ini, pengunjung yang ingin datang hanya dikenakan biaya parkir motor dengan tarif Rp.2.000,- dan untuk mobil Rp.5.000,-.
Bagi sobat traveler yang ingin mengunjungi bukit ini, sebaiknya datang saat pagi/sore hari. Hal ini karena pada saat itu cahaya matahari tidak terasa menyengat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan moment foto yang bagus bersamaan dengan terbit/terbenamnya matahari di lokasi bukit VW.
10. Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Waduk Jatibarang Dan Gua Kreo
Waduk Jatibarang & Gua Kreo (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)

Satu lagi tempat wisata di Semarang terbaru yang lagi hits atau naik daun yaitu Waduk Jatibarang & Gua Kreo. Lokasi dan alamat waduk ini ada di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Waduk Jatibarang diresmikan bulan Mei 2014 dan berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.
Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan goa alami yang lebih dahulu dikenal wisatawan. Karena dikelilingi waduk buatan, jadilah gua ini terlihat seperti pulau kecil.
Wisatawan yang ingin masuk ke gua bisa menyeberangi jembatan berwarna merah, yang juga menjadi tempat foto favorit turis. Wisatawan juga bisa bermain dengan monyet-monyet ekor panjang di kawasan Waduk Jatibarang dan Gua Kreo ini. Oya, kalau bicara monyet, saya jadi ingat tempat wisata di Bali yang juga ada monyetnya, yaitu Sangeh dan Ubud Monkey Forest.
Harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah meriah, yaitu sekitar Rp 4 ribu. Selain foto-foto dan main bersama monyet, Anda juga bisa menyingkir sejenak dari udara panas Semarang dan menikmati rimbunnya pepohonan, serta suasana menyejukkan di sekitar waduk.
11. Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Ambarawa
Museum Kereta Ambarawa (Foto : autopocket.info)

Sedikit bergeser dari Kota Semarang, ada museum unik yang wajib dikunjungi yaitu Museum Kereta Ambarawa. Objek wisata di Semarang ini memiliki kereta api uap kuno yang bisa dinaiki wisatawan. Berkunjung ke museum pun rasanya seperti datang ke mesin waktu yang membawa kembali ke masa lalu.
Salah satu kereta api uap yang masih bisa digunakan adalah kereta dengan lokomotif B 5112. Walaupun usianya sudah tua, kereta peninggalan zaman Belanda ini masih gagah membawa wisatawan keliling berbagai daerah di sekitar Ambarawa.
Harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebesar Rp 10.000 sedangkan untuk anak Rp 5.000. Murah meriah bukan? Jam buka museum ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Alamat dan lokasi Museum Kereta Api terletak di Jl Stasiun No 1, Ambarawa.
12. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem
Benteng Pendem Ambarawa (Foto : instagram.com/erfix)

Tak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, ada satu tempat menarik yang sayang bila dilewatkan begitu saja yaitu Benteng Pendem. Objek wisata ini sebenarnya bernama Fort Willem I. Namun warga sekitar menyebutnya Benteng Pendem yang berarti Benteng yang terpendam.
Disebut demikian, karena awalnya benteng ini berada dibawah permukaan tanah (terkubur) sebagai salah satu strategi melawan musuh. Benteng ini dibangun sejak tahun 1834, sudah berumur lebih dari satu abad.
Benteng Pendem ini memang terlihat tidak terawat. Lumut dan tumbuhan liar menghiasi kokohnya pilar-pilar Benteng Pendem. Namun, hal itulah yang membuat Benteng Pendem tampak instagramable dan unik. Tak ayal, tempat ini pun menjadi buruan para traveler yang hoby fotografi.
Benteng Pendem memiliki bangunan kokoh nan kuat dengan lubang-lubang jendela yang lebar dan besar. Banteng ini memang tak nampak seperti benteng pertahanan. Di duga, benteng ini dulunya sebagai benteng tempat menyimpan logistik.
Lokasi Benteng Pendem terletak di belakang RSUD Ambarawa. Untuk ke sini Anda tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Anda cukup meminta izin kepada petugas yang sedang berjaga.
13. Pantai Marina

Pantai Marina
Pantai Marina (Foto : ianbamsono.blogspot.co.id)

Bagi Anda penggemar pantai, jangan sampai melewatkan tempat wisata pantai di Semarang yang satu ini. Pantai Marina merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Pantai Marina adalah tempat wisata di Semarang yang terkenal untuk kegiatan lari pagi atau jogging.
Pantai yang terletak di sebuah perumahan ini mempunyai fasilitas kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan. Tak kalah deh dengan pantai-pantai yang ada di Bali,Lombok, Dan Jogja.
14. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti Jimbaran (Foto : mangkoko.com)

Umbul Sidomukti di Bandungan bisa menjadi pilihan tepat tempat wisata anak dan keluarga di Semarang. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti senang liburan ke Umbul Sidomukti. Lokasi wisata alam tersebut juga tak jauh dari pusat Kota Semarang, hanya sekitar 1 jam naik kendaraan bermotor.
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti. Mulai dari berenang di kolam dengan ketinggian 1.200 mdpl, camping, main flying fox atau sekadar duduk-duduk santai sambil minum kopi. Umbul Sidomukti lokasinya memang berada di dataran tinggi, sehingga cuacanya lebih sejuk daripada di Semarang bawah.
15. Curug Lawe

Curug Lawe
Curug Lawe (Foto : IG @feri_riyanda)

Curug Lawe adalah salah satu air terjun indah di Semarang yang wajib Anda kunjungi. Lokasi Curug Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Utara, Semarang. Untuk menuju ke Curug Lawe ini, Anda akan melewati jalur yang berada di dalam kawasan perkebunan cengkeh milik PT Cengkih Zanzibar. Harga tiket masuknya cukup murah meriah hanya Rp.4000,- per orang.
Air Curug Lawe benar-benar bersih dan tentunya kondisi alam di sekitarnya sangat indah. Dinamakan dengan Curug Lawe karena memang air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih. Benang putih dalam bahasa jawa disebut “lawe”. Maka air terjun ini terkenal dengan sebutan Curug Lawe.
Ada juga yang mengkaitkan nama Curug Lawe ini dengan jumlah air terjun yang ada disini. Konon jumlahnya adalah 25 buah yang dalam bahasa jawa disebut “Selawe”. Jadi, disebutlah air terjun ini dengan nama Curug Lawe.
Air terjun ini memiliki sisi tebing yang oval dengan ketinggian lebih dari 40 meter. Semua penjuru tebing penuh dengan lelehan air yang mengucur mengelilingi curug. Derasnya aliran air yang menghantam batuan dibawahnya menimbulkan buih-buih yang apabila terkenan sinar matahari membentuk pelangi yang indah.
Ketika Anda mengunjungi Curug Lawe, Anda juga bisa sekalian menikmati keindahan Curug Benowo yang lokasinya cukup berdekatan. Namun, bagi Anda yang ingin menikmati Curug Benowo dan Curug Lawe, lebih baik ke Curug Benowo dahulu, karena medan yang dilalui cukup curam, naik turun, dengan tanah dan kerikil yang agak licin.
NEXT PAGE